logo

Sunday, August 14, 2016

Tips Menumbuhkan Kreatifitas Menulis

Tips Menumbuhkan Kreatifitas Menulis


Hati hati dalam membuat tulisan!!!

Menulis adalah aktifitas muliah, Dengan menulis kita sudah membagikan pengetahuan, ide dan pengalaman kepada pembaca.

Namun, menulis juga dapat menjadi aktifitas tercela jika dilakukan dengan tujuan jahat, seperti membuat tulisan berisi provokasi, kebencian terhadap orang, golongan atau kelompok tertentu.

Penulis muliah adalah penulis yang mampu menebar benih-benih kebaikan bukan malah menyebar fitnah dan kebongan. Bukan pula menganjurkan kejahatan dan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma.

Penulis muliah membuat karya untuk memotifasi orang lain, memberi semangat dan juga kekuatan kepada pembaca tulisan nya.

Sobat pasti kenalkan dengan Pramoedya Ananta Toer, Andrea Hirata, J.K. Rowling, Imam Safii. Nama-nama besar itu terkenal karena tulisan-tulisan mereka mampu mengubah banyak orang menjadi lebih baik, menjadikan hidup orang jadi lebih berarti dan membuat orang bangkit dari keterpurukan.

Dengan menulis berarti kita telah mengukir sejarah maka ukirlah sejarah yang baik.

Maaf, bukannya mengurui. Ini hanya sekedar mengingatkan.

Mengingat besarnya pengaruh sebuah tulisan maka sebagai sahabat yang baik saya berkewajiban mengingatkan pembaca blog ini akan pentingnya sikap mental positif dalam membuat sebuah tulisan.


Tips Menumbuhkan Kreatifitas Menulis

Dari berbagai literatur saya coba menyarikan kiat-kiat menumbuhkan kreatifitas menulis pada tips berikut.

1. Menulis dengan topik yang paling disenangi

Menulis itu cukup melelahkan. Disamping membutuhkan konsentrasi tinggi, aktivitas ini juga memerlukan mood yang pas. Jika tidak, bisa jadi kita maunya menulis kata "ketik" yang terketik malah "ketek".

Solusinya adalah menulis dengan topik yang disenangi. Misalnya sobat gemar bermain game maka tulislah pengalaman mencoba game-game baru atau membuat tutorial memecahkan level sulit pada sebuah permaianan.

2. Menulis ditempat paforit

Biasanya ide-ide mengalir deras ketika berada ditempat-tempat yang kita senangi. Badan jadi relax, fikiran tenang, hati riang menjadikan aktifitas menulis makin lancar.

3. Bergabung dikomunitas penulis

Dikomunitas penulis kita akan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki passion sama dengan kita. Jika belum memiliki kemampuan yang mumpuni, kita tidak perlu khawatir karena di dalam komunitas biasanya kita akan dibimbing untuk menghasilkan tulisan berkualitas.

4. Rajin membaca

Membaca diperlukan untuk menambah referensi dan memperkaya perbendaharaan kata. Kedua hal ini adalah modal utama dalam menulis.

Cita rasa sebuah tulisan akan menjadi lebih nikmat jika ditulis dengan banyak fariasi kata dan biar kandungan tulisan kita lebih berbobot harus ditunjang dengan banyak referensi.

5. Banyak praktek

Ini kunci utamanya. Menulis adalah sebuah keterampilan dan keteampilan butuh banyak praktek. Kita tidak akan pernah bisa terampil menulis jika tidak melakukannya terus menerus

Tulis dan teruslah menulis, jangan pernah takut salah, jangan hiraukan jika ada orang bilang tulisan kita jelek, tidak berbobot, menyedihkan, tidak berguna dan lain sebagainya. Jadikan semua itu cambuk agar kita lebih giat berlatih.

Disclaimer: Kiriman pengguna/pembaca disitus ini, sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Dakoan.com tidak bertanggung jawab atas segala konsekwensi hukum yang timbul dari kiriman para pengguna tersebut