Breaking

logo

Monday, February 12, 2018

Tips Memilih Wakil Rakyat Biar Gak Nyesal Dikemudian Hari

Tips Memilih Wakil Rakyat Biar Gak Nyesal Dikemudian Hari



Pemilihan umum setiap lima tahun sekali sangat menentukan apa dan bagaimana jadinya negeri ini. Jangan sampai lima menit di Tempat Pemungutan melahirkan penyesalan berkepanjangan selama lima tahun.

Tidak sedikit orang yang mengungkapkan penyesalan dan kekesalannya terhadap wakil rakyat pilihannya yang sekarang tengah duduk di kursi empuk Dewan Perwakilan Rakyat.

Bagaimana tidak harapan yang sang voter agar pilihannya dapat memperjuangkan nasib dan aspirasinya sungguh jauh dari kenyataan.

Dari daerah hingga pusat banyak media memberitakan anggota parlemen pilihan rakyat itu ditangkap. Ada yang karena nyabu, korupsi dan kasus-kasus memalukan lainnya.

So, berikut ini tips memilih wakil rakyat biar gak nyesel dikemudia hari;

1. Jangan Asal Memilih

Pilihlah calon legislatif yang sobat kenali, bukan kenal begitu saja tapi kenal luar dalam. Sobat harus tahu bagaimana treck recordnya, integritas dan juga reputasinya.

Cari tahu seperti apa calon legislatif ini dulunya. Apakah dia seorang preman? Pernahkah dia ngutang di kios terus tidak pernah bayar? Pernahkah ia malak bencong keluar malam? atau pernahkah Ia nonjok muka orang karena tidak diberi sebatang r*k*k

Cari informasi seperti apa dia bersikap dilingkungan tempat tinggalnya? Seberapa rukun dia dengan tetangga? Pernahkah dia ikut gotong royong membersihkan got mampet atau malah pura-pura sakit saat diundang kerja bakti?

Pendidikannya juga bagaimana? jangan-jangan tidak pernah SMP tiba-tiba saat pemilihan sudah sarjana.

2. Pilih yang Punya Kecerdasan dan Keberanian

Karena dia akan memperjuangkan aspirasi sobat makanya harus didukung kecerdasan mumpuni dan juga keberanian besar.

Dia tidak boleh ciut menentang pihak-pihak yang tidak pro rakyat, dia harus bernyali membela kepentingan rakyat, harus pandai membuat strategi, lihai melihat peluang dan mampu memanfaatkan peluang tersebut untuk diwujudkan sebagai penunjang kesejahteraan rakyat.

Dia juga tidak boleh tertipu oleh keadaan yang dibuat seakan-akan yang sekan-akan untuk kepentingan rakyat padahal diciptakan hanya untuk keuntungan orang atau kelompok tertentu.

3. Lihat Partai Pengusung

Partai kuat memiliki pengaruh besar terhadap lahirnya sebuah keputusan. Makanya penting melihat partai pengusung sang calon legislatif, karena hal itu akan menentukan seperti apa posisi tawar wakil sobat diparlemen nanti. Apakah ia hanya jadi pengikut atau penentu sebuah keputusan.

Disclaimer: Kiriman pengguna/pembaca disitus ini, sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Dakoan.com tidak bertanggung jawab atas segala konsekwensi hukum yang timbul dari kiriman para pengguna tersebut