Breaking

logo

Friday, April 20, 2018

Jangan Disepelekan! Sagu ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan

Jangan Disepelekan! Sagu ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan

Bagi warga Tolitoli sagu merupakan bahan pangan familiar. Sumber karbohidrat yang dikenal sebagai bahan makanan pokok orang Maluku dan Papua ini, di Tolitoli banyak dijumpai dalam bentuk jepa dan ambal.

Bukan ambal alas lantai tapi makanan dari campuran sagu, kelapa dan ikan teri. Diolah dengan cara dibakar menggunakan dange, sejeis piring terbuat dari tanah liat.

Jika dibandingkan dengan nasi, kandungan nutrisi sagu memang lebih rendah. Namun jangan disepelekan, mengkonsumsi sagu ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat sagu untuk kesehatan;

1. Mencegah diabetes


Serat dan fosfor yang terkandung  dalam sagu dapat menghambat laju peningkatan glukosa dalam darah sehingga tidak terjadi penumpukan gula darah yang dapat memicu penyakit diabetes.

2. Baik untuk pencernaan


Serat dalam sagu memiliki fungsi prebiotik untuk melindungi mikro flora pada usus. Mikro flora adalah bakteri baik yang kondisinya harus selalu terjaga, jika tidak bisa dipastikan pencernaan akan terganggu.

3. Mencegah osteoporosis


Sagu mengandung kalsium dan fosfor, kedua mineral ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Tercukupinya kalsiun dan fosfor dalam tubuh menghindarkan sesorang dari osteoporosis atau kerapuhan tulang.

Disclaimer: Kiriman pengguna/pembaca disitus ini, sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Dakoan.com tidak bertanggung jawab atas segala konsekwensi hukum yang timbul dari kiriman para pengguna tersebut