Breaking

logo

Sunday, June 3, 2018

Langkah Tani Buol Dorong Petani Kawal "TAURA"

Langkah Tani Buol Dorong Petani Kawal "TAURA"

Langkah Tani Buol

Muh. Ikbal A. Ibrahim, Ketua Lembaga Pengawal Kesejahteraan Petani Kabupaten Buol (LANGKAH TANI) Buol mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Buol memiliki program yang sangat anti manstream dan progrsif.

"Program tersebut adalah program Tanah Untuk Rakyat (TAURA), yakni program bagi-bagi tanah dan sertifikat untuk hampir 18 ribu kepala keluarga petani", katanya dalam press rilis yang diterima Dakoan.com,  Minggu (3/6/2018).

Program TAURA menurut Muh. Ikbal A. Ibrahim bertujuan mengatasi problem keterbatasan lahan petani di Kabupaten Buol.

Dalam pelaksanaannya, Muh. Ikbal A. Ibrahim menjelaskan, program TAURA Kabupaten Buol berbeda dengan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang masih cenderung moderat, yakni hanya sebatas program sertifikasi tanah.

"Pihak-pihak yang menyamakan TAURA adalah copy paste TORA Persiden Jokowi adalah keliru", tandasnya.

Ia mengungkapkan bahwa LANGKAH TANI Buol sangat mengapresiasi program TAURA yang disebutnya ide progresif Pemda Buol tersebut dengan mendorong keterlibatan petani mengawal pendataan, pengelolaan dan penerapan program di lapanagan.

Sebab katanya, program yang progresif tanpa mengikut sertakan petani hanya akan menjadikan program itu terjerembab dalam program birokratis dan reformis.

Muh. Ikbal A. Ibrahim juga menegaskan keberpihakan LANGKAH TANI Buol kepada Pemda Buol dalam perkara melawan PT. HIP.

Dikatakannya, Pemdal Buol tidak boleh dibiarkan berjuang sendiri. Rakyat utamanaya petani harus berada dibelakang mempertahankan tanah 10.000 hektar yang hendak di ekspansi oleh PT. HIP.

Kepada Pemda Buol, Muh. Ikbal A. Ibrahim menghimbau agar mengutamakan transparansi baik dimedia masa, cetak maupun online terkait sejauh mana perkembangan program TAURA, agar tidak disalah presepsikan berbagai pihak dan kepentingan-kepentingan tertentu yang tidak memahami cita-cita mulia dibalik prgram TAURA. (Yayat)

Disclaimer: Kiriman pengguna/pembaca disitus ini, sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Dakoan.com tidak bertanggung jawab atas segala konsekwensi hukum yang timbul dari kiriman para pengguna tersebut